Rabu, 28 September 2011

CV. Saham Jabon Indonesia "Menciptakan Indonesia yang Hijau dan Meningkatkan Kemakmuran Masyarakat"



Sejak didirikan oleh pada tahun 2009 di Pekan Baru, Riau CV. SJI  sudah berkembang pesat, dimana CV. SJI merupakan sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang agri bisnis, khususnya dalam pembibitan Kayu Jabon serta investasi tanaman industri kehutanan lainnya.

Salah satu keunggulan dari perusahaan ini adalah menggunakan sistem yang berbasis syariah dan perhitungan keuntungan dilakukan dengan sistem bagi hasil. Selain itu, proses investasi dari investor baru di lakukan setelah proses penanaman selesai dilakukan. Dengan kata lain, investor baru mengeluarkan dana  investasi setelah proses serah terima proses penanaman bibit telah dilaksanakan.  

Konsep Syariah ini dijalankan sesuai dengan makna kata SAHAM yang berarti Syariah Amanah Hijau Alam Makmur. Artinya, bahwa perusahaan menggunakan konsep syariah serta memegang amanah dari para 
investor dalam upaya menciptakan alam yang lebih hijau dan meningkatkan kemakmuran masyarakat. 

Menurut Narko selaku Manajer Operasional CV. Saham Jabon Indonesia (SJI) untuk wilayah Jawa, mengatakan CV. SJI sudah memiliki beberapa lokasi yang menjadi program  invesatsi jabon. Untuk sementara, pusat penanaman pada saat ini masih dikonsentrasikan di pulau Jawa.  Dimana awal pengembangan Jabon dimulai dari Tasikmalaya, Cilacap, Ciamis, Banjar, Sumedang, Bandung, Cianjur, Banten dan sampai saat ini sudah dikembangan sampai Batam.

“Sampai saat ini CV. SJI sudah melakukan pengembangan Jabon di Propinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Kini wilayah yang menjadi prioritas pengembangan Jabon adalah Pulau Sumatera, Kalimantan serta pulau lainnya,”ujar Narko.

Dengan berlatar belakang dengan adanya perang atas pembalakan liar atau  illegal logging yang dilakukan oleh pemerintah secara kontinyu, apresiasi atas aksi penyelamatan lingkungan dan kampanye lingkungan hidup yang digalakan oleh berbagai lembaga yang peduli terhadap kerusakan hutan dan iklim,  menurunnya pertumbuhan industry perkayuaan Indonesia sebagai dampak semakin sedikitnya jumlah bahan baku kayu Indonesia, serta sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah yang menggalakan Desa Konversi. 
Narko Manager Operasional CV.SJI

Program ini dibuat untuk melestarikan kekayaan hayati serta ekosistem disekitar hutan. Sehingga hasilnya bisa memberi manfaat bagi seluruh mahluk hidup dan juga untuk menjaga kesinambungan alam melalui kestabilan rantai kehidupan dan makanan.

Lebih Lanjut dikatakan Narko untuk itu, membudidaya Jabon merupakan pilihan yang tepat dilihat dari segala sisi kelebihannya, maka bisa dikatakan kita telah menjadi pelaku sebagai penyedia kebutuhan bahan baku bagi industri kayu. “Karena yang kami tawarkan adalah benar-benar bisnis yang real. Kita akan menghijaukan dunia dengan tanaman Jabon yang bernilai ekonomi tinggi. Selain kita berpartisipasi menghijaukan hutan, mengurangi polusi udara, menjadikan hutan sebagai jantung kota, menjadikan hutan sebagai lahan serapan air hujan, kita juga bisa memetik hasil yang memuaskan,” ungkapnya.

Sementara Narko menyambut baik dengan adanya kerjasama antara CV. SJI,  Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia (AHTRMI) dan  Gerakan Ekonomi Rakyat Mandiri (GERAM) dalam pengembangan Tanaman Jabon dan tumpang sari tanaman Koro Pedang , di Kabupaten Cilacap serta dapat membantu mengatur mekanisme pemasaran dengan pengusaha perkayuan, tentu dalam hal ini dilandasinya dengan niat baik bagi kesejahteraan Rakyat.

“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa berjalan dengan lancar, karena kedua lembaga tersebut mempunyai niat yang mulia ingin kembali menghijaukan Indonesia, untuk itu CV.SJI  menyambut baik karena mempunyai misi yang sama dan program yang cukup bagus,” pungkas Narko.(infokom)

5 komentar:

  1. GO GREEN INDONESIAKU....MARI KITA SUKSESKAN!!! one billion Indonesian trees for world...Selamatkan Dunia..ini bukan hanya program SBY ...bukan pula hanya pesan dari DUNIA hasil simposium GLOBAL WORMING di BALI 2010 ....yang jelas setiap manusia butuh oksigen....Mari kita semua action menanam pohon dan investas pohon...dukung program penghijauan termasuk JABONISASI INDOSIAKU oleh Saham Jabon Indonesia.

    BalasHapus
  2. GLOBAL WARMING (pemanasan global)

    BalasHapus
  3. Amiin, semoga berkesinambungan dan dapat membantu pemberdayaan masyarakat kelompok tani di daerah, khususnya sumedang.

    BalasHapus
  4. RUMAH SAKIT ISLAM SAKINAH MOJOKERTO
    Jalan RA Basuni 12 Sooko
    Kabupaten Mojokerto
    Jawa Timur indonesia
    Phone: (0321) 321922, 326991, 329669. Sms:085648280307
    Fax: (0321) 329670
    Email: rsisakinah@telkom.net

    BalasHapus
  5. GO GREEN INDONESIAKU terimakasi mas narko..
    anda juga telah menghijaukan dunia pesantren al amin dan cipasung dengan jaboonnn

    terimaksih kyai jabon mas narko

    ktm karang taruna mandiri cipasung

    BalasHapus